Pages

Jumat, 09 November 2012

Arti Gadget

Apa itu Arti Gadget

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui berbagai istilah baru yang sama sekali belum pernah kita dengar. Dalam kasus lain kata-kata tersebut sudah akrab ditelinga, akan tetapi sampai beberapa waktu lamanya kita belum juga tau makna serta fungsi dari istilah tersebut. Sebagai contoh adalah “Gadget”. Bagi yang akrab dengan dunia online atau internet, mungkin akan langsung pergi ke situs Wikipedia ataupun mesin pencari sebagai rujukan mencari pengertian istilah ini menurut para ahli. Apa arti Gadget itu sendiri sampai saat ini juga masih terdapat perbedaan dalam penafsiran. Meski perbedaannya tidak terlalu mencolok acapkali sering membuat kita bingung, terutama untuk yang masih minim perbendaharaan kata. Gadget Android, ponsel serta Gadget blog adalah beberapa contoh istilah yang sering kita dapati pada media cetak maupun online.Contoh-contoh dari gadget di antaranya telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet).
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.



Apa itu Arti Gadget

Jika kita meruntut pada sejarah, Gadget adalah suatu istilah yang asal-muasalnya dari bahasa Inggris yang mempunyai arti alat elektronik atau digital berukuran mini yang mempunyai kegunaan khusus. Sesuai penjelasan itu, apa arti Gadget disini bisa diasumsikan saat kita melihat atau mengamati beberapa perangkat sebutlah Flashdisk yang berfungsi khusus menyimpa data, Walkman untuk mendengarkan musik via handsfree, ponsel pintar yang fungsional berisi banyak sekali fitur canggih agar lebih praktis dan masih banyak lagi perangkat Gadget dengan teknologi mutakhir lainnya.
Beda lagi jika kita membicarakan Gadget dalam kaitannya dengan aktifitas blogging. Dalam dunia blogging terutama yang memakai layanan gratis dari mesin blogspot (blogger.com), apa arti Gadget disini adalah sebuah fasilitas khusus dari Blogger itu sendiri yang bisa kita tambahkan ke dalam situs atau blog kita, yang dalam bahasa saya berbentuk aplikasi atau tool. Fasilitas seperti entri populer, entri terbaru, label dsb adalah contoh fitur-fitur yang tersedia. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :


gadget blogger blogspot
Pesatnya perkembangan teknologi Gadget dimasyarakat luas seperti iPhone, netbook, ultrabook dan sebangsanya patut diwaspadai. Hal ini mempunyai arti yang cukup jelas berhubungan dengan yang sering kita sebut sebagai ketergantungan terhadap teknologi. Selain sisi keuntungan dari Gadget sebagai alat pembantu sehari-hari yang praktis, di lain sisi perangkat seperti ini dapat menimbulkan ancaman terhadap iklim inovasi yang telah terbangun selama bertahun-tahun dalam mengembangkan Internet.

Perangkat mutakhir yang dalam kehadirannya telah menciptakan gaya hidup konsumtif ini cenderung memanjakan para pengguna sehingga dapat mematikan daya kreativitas mereka. Sebuah pola fikir “wajib memiliki” telah berkembang dan terbentuk di masyarakat sehingga apa yang kita khawatirkan itu benar-benar terjadi. Orang-orang cenderung pasif dalam hubungannya dengan daya cipta terhadap teknologi. Parahnya lagi, produk-produk Gadget tak hanya dimonopoli perusahaan terkenal dan populer. Kini produsen China maupun lokal yang identik dengan barang yang murah juga ikut bermain. Situasi seperti ini akan semakin memudahkan semua golongan masyarakat dalam memiliki sebuah Gadget.

Lain dengan perangkat komputer yang bisa berfungsi sebagai media pengembangan, pengolahan data yang outputnya dapat dikonversi menjadi perkembangan teknologi, praktis Gadget hanya membiasakan kita menjadi orang yang malas. Dengan kemudahan dalam mengakses Internet, anak-anak telah dininabobokan berbagai aktivitas kurang penting yang seharusnya dalam usia mereka adalah masa-masa penting untuk belajar dan menimba ilmu pengetahuan. Browsing non stop di Internet, sibuk ber facebook ria dengan dalih memperbanyak teman dan bersosialisasi, twitteran tanpa arti dan bermain game online adalah imbas dari semua itu. Kondisi seperti ini mencerminkan atas apa yang sering kita sebut sebagai rusaknya sebuah generasi. Dalam hal ini peran orang tua dengan tanggung jawab serta kontrol penuh menjadi penentu semuanya.

Gadget untuk Akses Internet
Salah satu fitur terkenal dan paling menarik dari gadget adalah internet. “Siswa dapat dengan mudah mencari informasi apa pun untuk tugas-tugas sekolah di internet,” ujar Kak Daniel Kusnadi, mahasiswa Teknik Informatika dan salah satu pembicara di diskusi tersebut. Dalam diskusi tersebut, praktisi TI, Bapak Bambang Juwono memberikan contoh situs yang berguna untuk menambah wawasan kita, di antaranya stumbleupon.com dan thinkquest.org. Selain memperkaya wawasan, dengan gadget yang menyediakan akses internet, kita bisa memperluas persahabatan melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau multiply.

Efek Negatif Gadget
Walau memberi begitu banyak keuntungan bagi pemakainya, jika tidak bijak dalam menggunakannya, gadget bisa memberi kerugian. Salah satunya, ketidakmampuan untuk hidup sendiri. “Coba saja, hampir tiap saat para pengguna facebook ingin bercerita tentang hidupnya kepada orang lain lewat update status,” ujar seorang rohaniawan, Romo Deshi Ramadhani, SJ.




Kemudahan akses internet lewat gadget juga membuat kita semakin mudah dan cepat mendapat apa yang kita mau. “Akibatnya, anak-anak menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting,” begitu jelas psikolog anak dan remaja, Ibu Ratih Ibrahim.

Gadget memang bisa memudahkan hidup kita, namun kita perlu membatasi waktu penggunaannya sehingga tidak mengganggu waktu berharga bersama keluarga dan sahabat. Selain itu, akseslah situs-situs yang memang bermanfaat dan membuat kita semakin cerdas! 

 
Manfaat Gadget dapat anda ketahui dengan klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar